Sejarah

Asal  usul nagari Sungai Janiah berada dari daerah Pariangan Padang Panjang. Yang mana berasal dari 7 rombongan yang mengembara dari daerah Padang Panjang menuju daerah gunung Merapi. Terus berjalan menelusuri jalan menurun mendaki bertempatan di suatu bukit yang bernama Kubuang Tigo Baleh. Setelah itu 7 rombongan ini terus berjalan menuju suatu tempat yang bernama daerah Baso. Setiba di Baso 7 rombongan ini terus berjalan menuju suatu tempat yang bernama Galodo. Sesampai di sana para  rombongan ini berhenti dan beristirahat “ Di sinan mancari rantiang nan kadi patah, mancari luak nan kadi gali” . Mereka beristirahat dan mencari sumber air di daerah Galodo ini .  Setelah beberapa waktu kemudian mereka berpencar  sebahagian mereka menuju daerah yang bernama luak taeh, sebahagian menuju Luak Pandam, sebahagian ke Luak Landai, ke Luak Nunang, ke Luak Kapeh,  ke Luak Bansa, dan sebagian lagi menuju ke Luak Barambuang.

Disana masing-masing mereka memulai kehidupan dengan membuat tempat tinggal, menggarap lahan untuk bertani dan berkebun.

foto lokasi wisata ikan sakti dari masa ke masa

Dengan berjalannya waktu dan rombongan ini menjadi berkembang semakin bertambahnya

Jumlah mereka, mereka pun memperluas daerah untuk tempat tinggal, yaitunya ke tempat yang bernama Ladang Piluni, Parumahan Tingga, Koto Diateh, Koto Niyua, Bawah Apa, Pambatan, dan Koto Gobah.

Selama menetap dan terbentuklah kekompakkan serta di buat musyawarah dan terjadi penetapan  nama-nama rombongan dan kepala rombongan berdasarkan suku-suku. Yaitu suku Tanjuang, suku Jambak, suku Pisang, suku Koto Tuo, suku Sikumbang, suku Malayu, dan Suku Caniago.

Terbentuklah dua pemerintahan kecil dimasa itu yaitu dusun Pakan Kamih dan dusun Ikan. Dusun Pakan kamih terdiri dari kampung Koto Diateh, Rumah Tanjuang, Pakan Kamih, Koto Niyua, kampung Bansa Sambilan Janjang, Rumah Jambak. Sedangkan dusun Ikan terdiri dari kampung Pambatan, Koto Gobah, Koto Dikan, dan kampung Guguak.

Dan dengan kesepakatan pada sebelun jajahan Belanda sekitar tahun 1300 dengan gabungan dua dusun yaitu dusun Pakan Kamih dan Dusun Ikan, maka terbentuklah suatu daerah yang bernama Sungai Janiah.